Artikel, Free Download, MySQL, OOP, PHP, PHP Sistem, Umum

Membangun Sistem Berbasis Web Menggunakan PHP OOP [Kelas 1]

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman berbasis web yang bersifat server-side, artinya semua perintah akan dijalankan setelah dieksekusi oleh server.  Ada 2 cara yang bisa digunakan dalam penyusunan kode program yang menggunakan bahasa pemrograman PHP yaitu:

  1. Prosedural
  2. OOP

Teknik Prosedural biasanya digunakan oleh pemula yang baru belajar bahasa pemrograman PHP, teknik ini lahir dari pemrograman terstruktur, mengutamakan sisi algoritma dimana kode program ditulis secara berurutan dari baris awal hingga baris akhir. Sedangkang OOP (Onject Oriented Programming) atau Bahasa Pemrograman Berorientasi Objek adalah sebuah metode yang digunakan oleh programmer tingkat lanjut dimana metode ini digunakan untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah melalui perspektif objek. Setiak objek memiliki sifat yang dituangkan dalam bagian yang disebut dengan method. Contoh objek seperti Manusia, Mobil, Mahasiswa, Pasien dan sebagainya. Sedangkan method seperti bicara, berjalan, marah dan lain-lain.

Pada awalnya PHP bukan bahasa pemrograman berbasis objek (OOP). Namun mulai versi PHP5, teknik OOP sudah bisa berjalan secara baik. Langkah ini tentunya untuk menjawab tantangan kemajuan bahasa pemrograman yang makin dibutuhkan sesuai persoalan baru yang terus muncul setiap harinya.

Pada posting kali ini kita akan coba membuat sebuah Sistem Informasi sederhana menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan teknik OOP. Posting ini akan saya bagi menjadi 5 Kelas, tiap-tiap kelas mempunyai tingkatan yang terus disempurnakan. Pastikan anda sudah mempunyai skill dasar untuk memahami artikel ini.

Apa yang saya butuhkan?

  1. XAMPP 5.6
  2. Browser
  3. Editor

a. Langkah awal, pastikan XAMPP sudah berjalan dengan baik, diantaranya Apache dan MySQL.

b. Buat database baru dbles_oop, gunakan phpMyAdmin untuk lebih mudah, Jalankan browser dan buka di URL http://localhost/phpmyadmin. Jalankan query berikut ini:

CREATE TABLE tb_mahasiswa (
mhsw_id INT(11) AUTO_INCREMENT,
mhsw_nim VARCHAR(20),
mhsw_nama VARCHAR(100),
PRIMARY KEY(mhsw_id)
);

3. Buat folder baru les_oop1 di web root, biasanya c://xampp/htdocs. Kita akan gunakan folder ini untuk latihan pada kelas ini, kelas berikutnya akan menggunakan folder yang berbeda.

4. Anda saya asumsikan sudah berada pada folder les_oop1. Buatlah folder baru lib untuk tempat menyimpan file koneksi, buat koneksi menggunakan code berikut ini dan simpan dengan nama koneksi.php

5. Buatlah folder baru class pada web root dan file baru untuk menyimpan file class mahasiswa berikut ini, simpan dengan nama mahasiswa.php

6. Buat file baru tampil.php pada web root dan sisipkan code berikut ini

7. Jalankan sistem menggunakan browser http://localhost/les_oop1/

Oke! Done. Silakan lanjut ke posting Kelas 2 untuk selanjutnya. Kelas 2 akan disempurnakan dengan input data dan edit data. Silakan download Source Code untuk lebih lanjut, jangan lupa tinggalkan komentar.

 

Advertisements

About Suendri

Founder Gosoftware Media sebelumnya bernama PHPBEGO Foundation

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Follow Gosoftware Media Blog on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 780 other followers

Archives

Advertisements
%d bloggers like this: