Artikel, Free Download, MySQL, PHP

Membuat Laporan PDF menggunakan mPDF

pdf_mpdf

Bismillah, hampir dan mungkin lebih sebulan jari ini tidak lagi menumpahkan sedikit goresan di blog ini, berhubung agenda yang padat merayap, hinggap menetap, kaku. Mudah-mudahan semua ini awal yang baik untuk sebuah Niat yang tertancap.

Kali ini kami mencoba untuk sedikit membahas (sebenarnya sudah sering dibahas oleh banyak programer, tapi nggak apa, lanca kaji dek diulang) beberapa baris kode yang cukup sering digunakan oleh Programer, khususnya PHP. Tentunya ini bisa sebagai bekal ini untuk mahasiswa AMIK Royal Kisaran yang sedang Tugas Akhir, yang semangat yaπŸ™‚. Artikel ini saya beri judul “Membuat Laporan PDF menggunakan mPDF”.

A. Kenapa mPDF
1. Lebih gampang digunakan ( Menurut saya yang telah seharian googling, nyari mana perintah yang lebih sedikit dan tidak berbelit2).
2. Ya, Penggunaan perintah yang Lebih sederhana, mudah diatur ( Sebenarnya nggak diatur juga dah Ngikut toh)
3. Lebih Gampang.
4. Lebih Gampang.
5. Lebih Gampang.πŸ™‚πŸ™‚

B. Cara Penggunaan
1. Download dulu mPDFnya di situs resmi http://www.mpdf1.com/mpdf/index.php?page=Download
2. Silakan atur folder saudara di Server, untuk latihan kali ini kita menggunakan Sistem Operasi Windows 7 + XAMPP 1.8.3
3. Extrak mPDF ke root atau ke salah satu folder yang anda anggap bagus.

4. Panggil dengan menggunakan Perintah :

// Panggil mPdf
include("mpdf/mpdf.php");
//mpdf/mpdf.php berarti file mpdf.php dipanggil dari dalam folder mpdf/

// A4 maksudnya ukuran kertas
$mpdf = new mPDF('utf-8', 'A4', 0, '', 10, 10, 5, 1, 1, 1, '');
$mpdf->WriteHTML($html);
//$html adalah komponen HTML yang akan dijadikan PDF
$mpdf->Output();
// Gampangkan? cuma gitu aja dah bisa jadi PDF, silakan download file latihannya biar mudeng..

5. Oke biar lebih Paham, kita latihan langsung, silakan download file lengkapnya.
6. Jika ada pertanyaan yang nggak sulit-sulit amat, silakan tinggalkan di form komentar, thanks Braw.

C. Referensi
1. http://www.mpdf1.com/mpdf/index.php
2. http://www.smaizys.com/php/mpdf-html-to-pdf-introduction/

About Suendri

Owner dan Founder Go Software Media sebelumnya bernama PHPBeGO Foundation

Discussion

2 thoughts on “Membuat Laporan PDF menggunakan mPDF

  1. terima kasih pak sangat membantu. //$html adalah komponen HTML yang akan dijadikan PDF
    kalau includekan file nya bisa ngk pak

    Posted by H4nk | June 8, 2014, 2:11 pm
    • wah Pak Harry, jadi segan nih… hehe… kalau kita lihat dari basicnya, mPDF hanya untuk convert HTML dan tidak membaca perintah PHP secara langsung kecuali Perintah tersebut sudah dijadi kan kedalam bentuk HTML. kalau includekan bisa saja pak, tapi file yang diinclude dalam bentuk HTML (Perintah PHP yang sudah dijadikan kedalam bentuk HTML)

      Posted by Suendri | June 8, 2014, 10:05 pm

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow Go Software Media Blog on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 63 other followers

Archives

%d bloggers like this: