Codeigniter

Perubahan pada Codeigniter v2.x dengan v1.7.x

Baru update lagi nih ….
Ada waktu kosong pas lagi ngerjain skripsi, ya udah saya update aja ni blog… hehehe..
Kali ini saya akan membeberkan beberapa perubahan pada Framework Codeigniter v2.x dengan versi sebelumnya, versi 1.7.x (yg berakhir di v1.7.3)
CI merupakan sebuah framework PHP yang sudah banyak digunakan oleh perusahaan profesional untuk membangun sebuah aplikasi web. Ada banyak tutorial yang ada di internet yang bisa kita lihat dan lakukan untuk pengembangan aplikasi web, dan salah satunya adalah di situs ini hehe. Namun apakah tutorial tersebut sesuai dengan versi CI yang kita pakai? soalnya ada beberapa tutorial yang masih menggunakan CI versi 1.7.x ke bawah, sedangkan mulai dari versi 2.0 CI mengalami banyak perubahan.

Berikut ini adalah beberapa perubahan yang penting diketahui pada CI versi 2.x dengan versi 1.7.x:

  1. Sudah tidak mendukung PHP 4, minimal membutuhkan PHP 5.1
  2. Direktori “Plugins” dihapus, sepenuhnya dibuat di Helpers. Beberapa plugins yg ada sebelumnya sudah dijadikan helper.
  3. Ditambah library baru, yaitu Drivers
  4. Terdapat Application Packages
  5. Mendukung full query string
  6. Pada model dan controller, ada awalan CI_[nama_class], yaitu CI_Model dan CI_Controller
  7. Folder Application sudah berada di luar system
  8. Ditambahkan library Security, untuk keamanan dan filter
  9. Base_url sudah otomatis jika dikosongkan
  10. Terdapat kompatibilitas Command line untuk cron jobs

Dan masih banyak lagi.. yg di atas hanya sebagian besar yang memang patut diketahui, hehe…
Versi terakhir CI saat ini adalah versi 2.0.2..

Untuk lebih lengkapnya temen2 bisa lihat di sini:
http://codeigniter.com/user_guide/changelog.html

 

sumber : http://harian.cheyuz.com/knowledge/perubahan-pada-codeigniter-v2-x-dengan-v1-7-x

About Suendri

Owner dan Founder Go Software Media sebelumnya bernama PHPBeGO Foundation

Discussion

No comments yet.

Tinggalkan Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow Go Software Media Blog on WordPress.com

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 63 other followers

Archives

%d bloggers like this: